Jaket Pelampung untuk Keselamatan Bukan untuk Pajangan

Jaket Pelampung untuk Keselamatan Bukan untuk Pajangan. Baju pelampung atau jaket pelampung atau dalam bahasa kerennya Life Jacket merupakan salah satu komponen utama dalam keselamatan di perairan. Memiliki warna yang menyolok dengan maksud agar mudah ditemukan pada saat mengapung di perairan.

Jaket Pelampung untuk Keselamatan Bukan untuk Pajangan

Apa sebenarnya kegunaan dari jaket pelampung atau baju pelampung ini. Dikutip dari wikipedia baju pelampung itu merupakan perangkat yang dirancang untuk membantu pemakai, baik secara sadar atau di bawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air.

Jaket pelampung ini merupakan perangkat yang dirancang dan disetujui oleh pihak yang berwenang dalam hal ini Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) yang akan digunakan oleh sipil dalam rekreasi berlayar, pelaut, kayak, kano, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan air.

Baju pelampung sendiri terdapat dua jenis, yaitu :

Busa steriofoam

Merupakan bentuk yang paling sederhana, terbuat dari busa steriofoam yang dibungkus di dalam baju pelampung. Banyak digunakan sebagai perangkat keselamatan kapal, bis air, perahu. Biasanya menggunakan warna orange agar mempermudah proses evakuasi bila terjadi bencana. Biasanya dilengkapi dengan lampu yang hidup bila baterainya terendam air serta peluit.

Jaket Pelampung untuk Keselamatan Bukan untuk Pajangan

Pelampung balon udara

Pelambung balon udara yang ditempatkan di dalam baju pelampung yang dikembangkan dengan menarik pemicu udara (tabung CO2) yang akan mengisi ruang di dalam baju pelampung dan biasanya dilengkapi dengan peniup manual bila tabung CO2 tidak berfungsi. Merupakan perlengkapan pesawat terbang standar.

Warna dan bentuknya memang tidak fashionable, tetapi fungsinya sangat besar untuk keselamatan penumpang baik pesawat maupun kapal. Kurangnya kepedulian semua pihak terhadap keselamatan di perairan, menjadikan benda ini seperti hanya prasyarat ada dalam moda transportasi.

Beban untuk meningkatkan kepeduliaan tidak bisa ditanggung oleh pemerintah saja, tetapi semua stakeholder dan juga kita semua. Pihak pemerintah rutin melakukan pengecekan setiap moda transportasi laut dan udara. Para stakeholder juga patuh terhadap aturan serta penumpang juga harus jeli dan berani protes jika jumlah jaket pelampungnya tidak sesuai dengan jumlah penumpang.

Dengan adanya kerjasama dari semua pihak, maka keselamatan penumpang yang mengalami kecelakaan di perariran akan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *