Inilah Tujuh Tips Aman Saat Rafting yang Harus Kamu Tahu

Inilah Tujuh Tips Aman Saat Rafting yang Harus Kamu Tahu. Bagi kamu yang suka tantangan, mengikuti rafting merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Menghindari dan menerjang jeram dengan meliuk-liukkan perahu karet yang ditumpangi akan memacu adreanalin kita.

Inilah Tujuh Tips Aman Saat Rafting yang Harus Kamu Tahu

Inilah Tujuh Tips Aman Saat Rafting yang Harus Kamu Tahu

Tentu sebelum memulai rafting atau arung jeram, ada briefing terlebih dahulu dari instruktur yang nantinya akan mengendalikan laju perahu sebagai kapten perahu. Tujuannya adalah dalam satu perahu yang biasanya diisi 6 orang dan 1 instruktur yang akan memberi aba-aba agar perahu karet tidak menabrak jeram atau halangan lain di sungai.

Tetapi alangkah baiknya jika kamu mendapatkan informasi lebih awal mengenai rafting. Inilah Delapan Tips Aman Saat Rafting yang Harus Kamu Tahu

1. Memakai Perlengkapan Keselamatan Secara Benar

Perlengkapan keselamatan memang selalu ada dan akan selalu diingatkan oleh setiap instruktur sebelum memulai aktivitas rafting. Seseorang yang ahli berenangpun tetap diharuskan memakai perlengkapan keselamatan ini. Karena memang sudah menjadi standar keselamatan dalam aktivitas rafting. Perlengkapan tersebut yaitu, jaket pelampung, helm dan dayung.

2. Memakai Pakaian yang Tepat

Aktivitas rafting merupakan aktivitas yang banyak menguras tenaga, karena gerakan tubuh serong ke kanan dan ke kiri mengikuti instruksi serta gerakan mendayung. Akibat gerakan yang banyak menguras tenaga ini, hendaknya tidak memakai pakaian yang banyak menyerap air. Bahan kain yang sebaiknya digunakan terbuat dari wol, poliester, polypropylene, bulu mikro serta hindari bahan katun 100 %. Lindungi kulit dengan menggunakan sun block agar terhindar dari sinar matahari saat rafting.

3. Menggunakan Dayung dengan Benar

Sebelum melakukan rafting atau arung jeram, instruktur atau guide akan mengumpulkan anggota tim satu perahu untuk diberikan pengarahan cara menggunakan dayung yang benar dan aba-ba apa saja yang akan diberikan saat menghadapi arus deras atau ada bongkahan batu yang menghadang.

Dan hal ini berhubungan dengan sisi mana yang harus mendayung dan sisi mana yang harus berhenti mendayung. Itulah kenapa antara sisi kanan dan kiri harus seimbang orangnya, tiga di kanan dan tiga dikiri. Agar keseimbangan perahu dan tenaga mendayung tidak berat sebelah.

4. Dengarkan dan Ikuti Aba-aba Instruktur

Instruktur atau guide rafting bertugas untuk mengendalikan laju perahu agar selamat sampai tujuan. Karena peran penting tersebut membuat dia harus tahu medan yang akan dilalaui, dimana ada rimbunan pohon, dimana ada bongkahan batu besar dan dimana arus yang deras serta lokasi yang dalam.

Untuk itu diperlukan kerjasama dari peserta dalam satu perahu agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, agar selalu mengikuti dan mendengarkan aba-aba atau instruksi dari guide rafting.

5. Banyak Minum Air Putih

Tujuan dari banyak minum adalah untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Karena acara arung jeram ini merupakan kegiatan yang banyak menguras tenaga. Dengan banyak minum air maka akan menghindarkan dari dehidrasi. Bila perlu bawa air minum selama mengikuti arung jeram.

6. Selalu Jaga Kekompakan Team

Sebagai teman dalam satu perahu tentu kamu harus saling kompak dalam mendayung maupun saling membantu jika ada salah satu anggotanya yang terjatuh ke sungai. Instruktur akan selalu memberi aba-aba apa yang harus kamu lakukan. Ikuti perintahnya, maka team kamu akan kompak dan selamat sampai tujuan.

7. Jangan Memakai Perhiasan dan Membawa Kamera

Pada saat melakukan rafting disarankan tidak memakai perhiasan, karena hal ini beresiko tinggi untuk hilang terbawa arus. Serta jangan membawa kamera karena beresiko hilang. Tidak perlu khawatir moment kamu saat rafting akan hilang, karena disana sudah ada fotografer yang akan memotret kegiatan kamu selama rafting.

Inilah Tujuh Tips Aman Saat Rafting yang Harus Kamu Tahu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *