Inilah Empat Jenis dan Fungsi Alat Keselamatan di Kapal

Inilah Empat Jenis dan Fungsi Alat Keselamatan di Kapal. Alat transportasi laut seperti kapal, perahu, speed boat harus menyediakan alat keselamatan bagi para penumpangnya. Terutama kapal yang memuat banyak orang, dan sudah menjadi keharusan untuk disediakan.

Inilah Empat Jenis dan Fungsi Alat Keselamatan di Kapal

Begitu pentingnya peran alat keselamatan di kapal yang berguna untuk pertolongan dan keselamatan bagi para penumpang serta kru kapal, maka aka nada sangsi bagi mereka yang melangar. Karena yang menjadi taruhan adalah nyawa manusia, baik penumpang maupun kru kapal.

Inilah Empat Jenis dan Fungsi Alat Keselamatan di Kapal yang harus diketahui :

1. Sekoci penyelamat (lifeboat)

Sekoci merupakan perahu mungil yang berada di kanan dan kiri kapal, tepatnya di deck sekoci. Pada kapal barang biasanya terdapat dua buah sekoci, sedang pada kapal penumpang atau kapal pesiar, sekoci yang tersedia umumnya berjumlah 12. Bahan yang digunakan untuk membuat sekoci adalah logam, kayu atau serat fiber.

Sekoci ada yang bertenaga mesin atau motor dan ada yang menggunakan dayung. Di bagian dalam sekoci telah tersedia perlengkapan keselamatan seperti makanan, minuman, obat–obatan serta alat bantu untuk mencari bantuan ke kapal lain yang sedang lewat.

2. Pelampung penolong bentuk cincin (ring life buoys)

Ring life buoys bentuknya seperti ban mobil dengan warna yang mencolok. Pelampung ini akan dilempar ke laut apabila ada penumpang yang jatuh ke laut, sehingga orang tersebut akan tetap mengapung di air sampai tim penyelamat datang.

3. Jaket penolong (life jackets)

Life jacket (jaket penolong) ini dimanfaatkan oleh penumpang agar mudah terapung di air pada saat kondisi darurat. Warna jaket ini juga mencolok agar mudah dikenali dan dicari serta dilengkapi dengan peluit.

4. Pelempar tali penolong (line throwing apparatus)

Alat pelempar tali ini gunanya adalah sebagai alat penghubung perdana antara kapal yang ditolong dengan yang ditolong untuk mempermudah proses evakuasi penumpang. Alat ini diciptakan oleh Mr. Schermily, dan dipergunakan pada saat kondisi darurat. Alat pelempar tali ini mampu melemparkan tali paling dekat sejauh 230 meter.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *